Amal wanita yang Menyamai semua amal Laki-laki

Datang kepada Rasulullah shalallahu'alaihi wasalam  seorang wanita yang kala itu beliau sedang duduk-duduk bersama para shahabatnya.

Wanita itu berkata, "Ya Rasulallah saya satang kepadamu sebagai utusan seluruh  wanita madinah."

Kemudian Rasulullah mempersilahkan dia duduk dan berbicara. Ia melanjutkan " "Sesungguhnya Allah mengutusmu kepada seluruh laki-laki dan wanita, maka kamipun para wanita beriman kepadamu. Namun Kami para wanita selalu dalam keterbatasan beramal. Kami hanya beraktivitas  di dalam rumah, tempat menyalurkan hasrat suami,  mengandung dan merawat anak-anak.

Sementara kalian kaum laki-laki mengungguli kami dalam amal (yang kami tidak bisa mengerjakannya). Kalian shalat Jum’at, shalat berjamaah di masjid, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, berhaji kapanpun mau. Dan  yang lebih utama dari itu (yang membuat kami iri) adalah jihad fi sabilillah.

Padahal  bila kalian pergi untuk haji atau berjihad maka kamilah kaum wanita yang menjaga harta kalian, yang menenun pakaian kalian dan yang merawat anak-anak.  Bisakah kami mendapatkan pahala seperti kaum lelaki ?”

Nabi shalallahu'alaihi wasallam berbalik menghadap kepada para sahabat, kemudian beliau bersabda, “Apakah kalian pernah mendengar pertanyaan tentang urusan agama yang lebih baik daripada  pertanyaan wanita ini?”

Para shahabat  menjawab, “Ya Rasulallah, kami tidak pernah menyangka ada wanita yang bisa bertanya seperti ini.”

Nabi kembali menghadap kepada wanita tersebut seraya bersabda : “Ketahuilah olehmu, dan sampaikan  ini kepada seluruh wanita di belakangmu. Bahwa ketaatan  seorang istri dan memperoleh ridha suaminya, itu menyamai semua amal-amal itu."

Wanita itu kemudian berlalu dengan wajah berseri-seri.

Semoga bermanfaat. ©AST

0 comments

Post a Comment