Proses

☑. PROSES

🔸Kalau buat diri Ust apakah proses juga harus di lakukan misal sholat nya sy cuma sekali atau dua kali sj dulu dengan alasan katanya itu proses apakah memang seperti itu Ust ..?

⭐Jawaban
🔹proses itu pengertiannya adalah tahapan yang benar.

Kalau antum punya impian memiliki rumah, kemudian dimulai dengan menabung dana pembangunan,  dilanjutkan dengan pelan -pelan membangun pondasi rumah, tiang,  lalu dinding terus demikian  Pelan -pelan, sesuai kadar kesanggupan. Itulah proses.

🔹Ketika rumah setengah jadipun, antum kadang sudah nyaman untuk menempatinya. Bukan karena rumahnya, tapi karena merasakan proses yang dilewati.

🔹Ada sebagian orang yang menginginkan rumah tidak perlu proses panjang melelahkan seperti itu. Langsung bangun sekali jadi. Bagus bila mampu, tapi apakah seperti itu keadaan banyak orang.

🔹Begitu ia membangun rumah, semua dana digunakan. Termasuk uang usaha bahkan dari pinjaman. Rumah jadi, tapi usaha macet. Tidak ada pemasukan lagi, sedangkan perut harus terus terisi. Apa yang terjadi selanjutnya? Rumah bermasalah.

🔹 Itulah analoginya. Tidak banyak umat yang memiliki kemampuan membangun  'rumah syariat islam'. Kebanyakan orang islam sekarang adalah dengan pemahaman islam pas-pasan. Bisa makan aja sudah untung (baca :masih mau shalat aja untung).

Butuh proses dari dasar sekali. Kalau perlu dari pondasinya : Laa ilaha illa llah.

🔹Sedangkan yang antum sampaikan tentang shalat 5 waktu yang 'dikredit' itu, ya bisa proses bisa bukan.

Proses bagi anak-anak dan mualaf. Diajarkan shalat tahap demi tahap.

Tapi kalau dilakukan oleh kita yang sudah bisa beranak pinak. Lahir juga sebagai anak, cucu, cicit, cicitcuit irang Islam masih melakukan 'proses' seperti itu. Rasanya itu bukan proses, tapi kemalasan.

🔹Seperti orang yang membangun rumah. Dia ada dana ngaggur. Tapi pembangunannya sengaja diulur-ulur. Rumah jadi dibangun setelah sekian lama. Untuk apa ? Nggak ada... cuma mau nikmati proses ...  proses yang salah, tidak bisa dinikmati.

Wallahu a'lam.©AST

0 comments

Post a Comment