BACAAN BASMALLAH DALAM SURAH

Ustadz, saya mau bertanya mengenai shalat, bagaimana hukum membaca basmallah sebelum membaca ayat setelah al Fatihah pada raka’at pertama dan kedua.

Jawaban :
Terjadi khilaf dikalangan ulama mengenai kedudukan basmallah bagi surah-surah al Qur’an, Menurut Jumhur (mayoritas) ulama, Basmallah adalah awal dari surah al Fatihah tapi bukan awal dari surah lainnya. Mazhab Syafi’iyyah berpendapat bahwa Basmallah adalah awal dari semua surah dalam al Qu’ran termasuk al Fatihah kecuali surah at Taubah. Sedangkan kalangan mazhab Malikiyyah berpendapat Basmallah itu bukan awal surah manapun. Ia dicantumkan dalam mushaf hanya sebagai pembatas antara surah satu dengan lainnya.[1]

Perbedaan pendapat inilah yang kemudian mempengaruhi bacaan imam yang sering kita dengar. Ada yang menjaharkan (mengeraskan) basmallah ketika membaca al fatihah ada yang mensirrkan (memelankan) atau bahkan tidak membacanya. Termasuk kasus yang  sedang ditanyakan, ada yang membaca surah setelah al fatihah dengan diawali basmallah ada yang tidak.
Mayoritas ulama mazhab tidak membacanya basmallah ketika membaca surah setelah al Fatihah. Sedangkan kalangan Syafi’iyyah membacanya, namun seandainya ditinggalkan menurut mazhab ini tidak mengapa, shalat tetap sah.
Adapun bila yang dibaca setelah al Fatihah adalah penggalan ayat, bukan  surah yang utuh semisal ad Dhuha, at Tin dan lainnya, maka tidak perlu dibaca Basmallah.[2]

Demikian. Wallahu a’lam.



[1] Nihayatul Muhtaj (1/457), al Muhadzdzab (1/79), al Mughni (1/346), Hasyiah ad Dasuqi (1/251), Hasyiah Ibn Abidin (1/329), Bada’I ash Shana’I (1/203).
[2] Al Mughni (1/477), al Muhadzdzab (1/79), Hasyiah ad Dasuqi (1/251), Bada’I ash Shana’I (1/202).

0 comments

Post a Comment