BERWUDHU DENGAN AIR SEDIKIT



Ana mau bertanya ustadz, air untuk berwudhu' minimalnya berapa liter ustad ?
Begini ustadz, saya bekerja di tengah hutan dan biasa bawah air hanya 5 liter, air ini biasa saya pakai buat 3 kali wudhu' sisanya buat membersihkan saat (maaf) buang air kecil. Dari peristiwa di atas ustadz, saya ingin bertanya apakah wudhu' saya sah dengan air yang di gunakan berwudhu' kurang lebihnya 1,5 liter tiap wudhu'nya ustadz. Terima kasih ustadz.

Jawaban
Tidak ada batasan minimal air yang digunakan untuk bersuci, baik untuk wudhu atau mandi besar. Asalakan memenuhi syaratnya dan bisa untuk memenuhi rukunnya, maka air tersebut sudah boleh digunakan. Semisal untuk wudhu, air tersebut cukup untuk membasuh anggota tubuh yang termasuk dalam rukun wudhu;  yakni muka, kedua tangan sampai siku, sebagian kepala, dan kedua kaki sampai mata kaki.
Dalam riwayat disebutkan, bahkan Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam berwudhu dengan menggunakan air yang hanya 1 mud.

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ
Dari Anas radhiyallahuanhu, dia berkata bahwa : "Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam berwudhu dengan satu mud air dan mandi dengan satu sha’ hingga lima mud air. " (Mutafaqqun 'alaih)

Dan tahukah kita 1 mud itu ukurannnya berapa ? Yaitu air yang ukurannya 688 ml. Sekitar ukuran botol tanggung air mineral dalam kemasan yang banyak dijual. Maka 1.5 liter air itu bisa digunaan oleh Nabi shalllahu’alaihi wassalam berwudhu 2 kali.

Demikianlah, karena kita hidup di daerah yang air melimpah ruah, terkadang tidak sadar, cara kita bersuci seringnya dengan cara yang cendrung mubazir. Boros air. Seakan tidak sah berwudhu kalau tidak dari air yang banyak mengucur. Padahal syariat yang mulia ini memerintahkan agar kita tidak berlebihan.

Wallahu a’lam.

0 comments

Post a Comment