KAHAR MUDZAKAR DAN NII/DII



Saya mau bertanya tentang sejarah Islam di indonesia, ada yang bilang organisasi Kahar Mudzakar menyimpang, dimana penyimpangannya ?

Jawaban

Sejauh yang kami ketahui dari sumber-sumber sejarah, Kahar Mudzakar turut bergabung dalam sebuah gerakan NII/DII yang oleh pemerintah kala itu diperangi karena dianggap memberontak. Dan sejauh yang kami ketahui NII /DII adalah bagian dari gerakan dan peristiwa politik kala itu, bukan sebagai pemahaman tersendiri, dan kami belum menemukan fatwa dari para ulama termasuk MUI yang mensesatkan gerakkan NII ‘Kartosuwiryo’ sebagai sebuah pemahaman. Anasila dan versi pendapat tentang NII/DII ada beragam disana, ada yang berpendapat mereka memberontak karena penghianatan Soekarno terhadap nilai-nilai perjuangan umat Islam, termasuk ada yang menuding NII/DII itu sebenarnya hanyalah buah kerja intelejen yang ingin menjatuhkan kalangan Islamis.  Dan kami tidak membahas hal ini agar tidak terjebak kepada subjektifitas dan penggiringan opini.

Lalu bagaimana dengan NII Kw 9 atau Markaz “Al Zaytun” yang ada di Indramayu, Jawa Barat ? Ini adalah aliran yang sudah di fatwa sesat oleh MUI.

Apakah NII ‘Kartosuwiryo’ sama dengan NII KW 9 ? Ada dua pendapat tentang hal ini. Sebagian mengatakan sama saja, sedangkan analisa sebagian ahli dan sejarawan mengatakan tidak sama.  Wallahu a’lam.

0 comments

Post a Comment