PESAN RASUL KEPADA PUTRINYA FATIMAH




Ustadz, mohon pencerahannya untuk postingan di bawah ini. Benarkah ?
Suatu hari Siti Fatimah sudah masuk di kamarnya, sudah di dalam selimutnya, mau  tidur.  Rasulullah mengetuk pintu kamarnya, kemudian Rasulullah masuk dan Siti Fatimah bangun, kata Rasulullah ‘jangan, tetaplah kamu di tempat tidurmu’.
            Kemudian beliau bersabda ‘putriku Fatimah, kamu jangan tidur sebelum mengkhatamkan Al-Quran.  Kamu jangan tidur sebelum menjadikan seluruh nabi memberikan syafaat untukmu. Kamu jangan tidur sebelum merelakan atau memberi kerelaan kepada seluruh kaum mukminin-mukminat di dunia ini. Dan terakhir wahai putriku Fatimah jangan kamu tidur sebelum kamu Umrah dan Haji’.
Siti Fatimah terkejut mendapatkan perintah ini. ia berkata, ‘ayahku, siapa yang mampu sebelum tidur khatam Al-Quran, menjadikan para Nabi memberi syafaat, merelakan seluruh kaum mukminin-mukminat, dan melaksanakan Umrah dan Haji?’
            Rasulullah tersenyum kemudian beliau bersabda, ‘bukan begitu putriku, bukankah engkau kalau membaca Qulhuwallahu Ahad (Surah Al-Ikhlas) sebanyak 3x dihitung seperti khatam Al-Quran.
Kedua, bershalawatlah kepadaku dan seluruh para nabi, nanti kami semua siap memberi syafaat.
Ketiga, doakan kaum mukminin-mukminat; Astaghfirullah lil mukminina wal mukminat, supaya semua kaum mukminin-mukminat rela kepadamu.
Ke empat, Umrah dan Haji yang kumaksud ialah membaca; Subhanallah, walhamdulillah, wa Laa Ilaha Illallah, wa Allahu Akbar, maka pahalanya seperti kamu melakukan Umrah dan Haji’.
            Jadi inilah amalan yang diajarkan Rasulullah kepada putrinya Fatimah. Dan mari kita amalkan dan ajarkan kepada anak-anak kita:

1.  Membaca  al Ikhlas 3 x.
2. Shalawat kepada para Nabi.
3. Mendoakan kaum Muslimin.
4.   Kemudian membaca : Subhanallah, walhamdulillah wa laa ilaa ha illallah wallahu akbar.

 Jawaban :
Broadcest tentang artikel diatas yang sekarang banyak berseliweran di sosmed sebenarnya ada dua macam ; versi Fatimah dan versi Aisyah. Jadi diredaksi yang lain, pesan tersebut disampaikan oleh Rasulullah shalallahu’aihi wassalam kepada istri beliau Aisyah.
Setelah kami lacak artikel diatas dengan versi Aisyah berasal dari kitab  Durrotun Nashihin ,Hal 341 tanpa sanad :

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال لعائشة رضي الله عنها: يا عائشة لا تنامي حتى تعملي أربعه أشياء: حتى تختمي القران وحتى تجعليالأنبياء لك شفعاء يوم القيامة، وحتى تجعلي المسلمين راضين عنك، وحتى تجعلي لك حجة وعمرة.فدخل صلى الله عليه وسلم، فبقيت على الفراش حتى أتم الصلاة، فلما أتمها قالت: يا رسول الله، فداك أبي وأمي، أمرتني أربعه أشياء لا اقدر في هذه الساعة أن افعلها ,فتبسم رسول الله وقال: إذا قرأت قل هو الله احد ثلاثا فكأنك ختمت القران، وإذا صليت علي وعلى الأنبياء من قبلي فقد صرنا لك شفعاء يوم القيامة، وإذا استغفرت للمؤمنين فكلهم راضون عنك، وإذا قلت : سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله والله اكبر فقد حججت واعتمرت.
Sebagai catatan bahwa kitab Duratun Nashihin banyak sekali memuat  hadits-hadits yang lemah bahkan palsu termasuk yang kemudian dijelaskan oleh ulama hadits Indonesia, Allahu Yarham KH Musthafa Ali Ya’qub dalam bukunya : Hadits-hadits bermasalah.
            Adapun versi Fatimah saya telah melacak di semua kitab hadits standar dan bahkan kitab lainnya namun tidak saya temukan.

Besar kemungkinan yang versi Fatimah juga tidak sah dari Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam, hal ini paling tidak bisa dilihat dari redaksinya yang janggal dan tidak ditemukannya riwayat tersebut dalam kitab-kitab hadits standar ulama.
Wallahu a’lam.

0 comments

Post a Comment