FADHILAH HAJI BAGI YANG MENGUNJUNGI ORANG PULANG HAJI ; BENARKAH ?



Ustadz adakah dasarnya dalam Islam mengunjungi orang yang baru pulang haji, jika dapat 40 rumah maka akan mendapatkan pahala seperti haji dan Umrah ?

Jawaban
Berkunjung atau meminta doa dari orang yang baru pulang haji tentu sifatnya mubah saja. Karena secara umum kita diperbolehkan meminta doa dari muslim lainnya. Namun bila diiringi dengan iming-iming seperti yang ditanyakan, maka jelas sekali kekeliruannya.  Karena tidak ada satupun hadits atau riwayat bahkan sekedar pendapat ulama mazhab yang menjadi dasar pernyataan tersebut.
Namun juga harus diingat, jangan sampai aktivitas minta doa dan menyambut jamaah yang kembali dari haji itu berubah menjadi semacam ritual atau merepotkan tuan rumah. Karena dibeberapa tempat, sudah menjadi semacam kebiasaan sampai beberapa puluh hari, sehingga memberatkan tuan rumah yang seharusnya banyak istirahat karena lelah. Belum pada kenyataannya secara finansial kadang membebani.

Jika benar menginginkan fadhilah haji dan umrah, ada beberapa ibadah yang bisa dikerjakan, yang jelas dasar dan dalilnya. Diantaranya yang dianyatakan dalam hadits : 

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ
Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thabrani)


Wallahu a’lam.
                                                                                                 

0 comments

Post a Comment