BACAAN SURAH TERTENTU UNTUK KEHAMILAN


Ustadz, saya hendak bertanya, apakah benar amalan membaca surah al Qur’an  tertentu saat istri sednag hamil bias menentukan bagaimana kelak anak tersebut ketika sudah lahir. Semisal membaca surah Yusuf dan Maryam agar anaknya tampan atau cantic. Mohon penjelasannya.

Jawaban

Tidak ada satupun hadits maupun perkataan ulama dalam kitab yang bisa dirujuk yang menyebutkan hal ini.  Maka apa yang ditanyakan murni hanyalah opini yang berkembang di masyarakat yang tidak memiliki legalitas dalil secara agamis maupun ilmiah.

Memang benar sebagian surah al Qur’an memiliki beberapa fadhilah dan keutamaan khusus ketika dibaca, semisal surah al Kahfi di hari Jum’at, surah al Baqarah untuk Ruqyah dan lainnya. Namun mengenai surah Yusuf dan Maryam untuk dijadikan bacaan khusus ibu hamil saja tidak ada, apalagi berkaitan dengan ketampanan atau kecantikan.

Khasiat dan keutamaan sebuah surah  dalam al Qur’an tidak boleh didasari oleh sekedar dugaan, rekaan atau pengalaman pribadi seseorang, tapi hendaknya didasari dalil  yang bisa dijadikan sandaran.

Namun jika seseorang membaca sebagian surah dalam al Qur’an dengan tujuan bertawassul agar diberikan keturunan yang shalih dan shalihah tentu itu hal yang dibolehkan, atau menjadikannya sebagai bacaan rutin semacam wirid yang selalu diperdengarkan kepada si jabang bayi tentu ini baik sekali.  

Membiasakan membaca atau memperdengarkan al Qur’an, selain bernilai ibadah, juga insyaallah akan bermanfaat untuk janin atau bayi yang ada dalam kandungan.  Sebagaimana sebagian penelitian telah membuktikan hal tersebut.

Namun yang harus diingat, tidak harus mengkhususkan surah tertentu seperti Maryam atau Yusuf,  boleh surah apapun termasuk surah al Baqarah. Nanti anaknya jadi sapi betina ? Ya tidaklah, jangan diartikan semaunya seperti itu.  

Wallahu a’lam.

0 comments

Post a Comment