SETELAH TIDAK MENURUNKAN WAHYU, MALAIKAT JIBRIL NGAPAIN COBA ?

Izinkan bertanya Pak ustadz, malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu kepada rasul rasul Allah. Setelah Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam tiada nabi dan Rasul lagi. Apakah tugas malaikat Jibril setelah Rasulullah wafat ?

Jawaban :

Malaikat Jibril alaihissalam adalah penghulunya para malaikat. Yang mana kita ketahui bahwa beliau ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul alahimusshalatu wassalam.

Timbul pertanyaan setelah berakhirnya kenabian, apa tugas Jibril 'alaihissalam ?

Ternyata tugas malaikat Jibril bukan hanya menyampaikan wahyu. Ada begitu banyak riwayat yang menyebutkan "beliau" memiliki banyak tugas dan kesibukan selain menyampaikan wahyu, diantaranya :

1.  Menyampaikan kepada penduduk langit (malaikat) berita dari bumi.

"Sesungguhnya Allah jika mencintai seorang hamba, Ia memanggil Jibril dan berkata kepadanya: Sesungguhnya Aku mencintai si Fulan maka cintailah ia. Lalu Jibril ikut mencintainya, kemudian berseru di langit :

Sesungguhnya Allah mencintai si Fulan maka cintailah ia. Lalu penduduk langit turut mencintainya, kemudian diturunkan rasa cinta kepadanya di bumi...." (HR. Muslim)

2. Turun ke langit dunia pada malam Qadr.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam surah al Qadr ayat 4 :

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ar Ruh dengan izin Rabbnya untuk mengatur urusan."

Dan masih ada lagi beberapa tugas Jibril 'alaihissalam seperti mengabulkan do'a hamba, menghadiri jenazah seorang mukmin yang wafat dengan keadaan tertentu dan lainnya.

Jadi setelah wahyu terputus, jangan dibayangkan kalau malaikat Jibril berubah jadi pengangguran, seperti kebanyakan kita yang suka nganggur kalau putus cinta atau setelah mengalami PHK.

Wallahu a'lam.

0 comments

Post a Comment