SHALAT ID SENDIRI ATAU DI RUMAH BOLEHKAH ?

Kyai, bagaimana tata cara shalat Id di rumah bersama keluarga ?

Ustadz kami oleh kantor ada himbauan untuk shalat Id Adha ssendiri-sendiri. Bagaimana tata caranya ustadz ?

 

Jawaban

 

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

 

Mengenai tata cara shalat Id tidak ada bedanya dikerjakan di rumah, di kantor atau di masjid bersama jama’ah yang lainnya. Dan cara mengerjakannya shalat Id sunnahnya dilaksanakan secara berjama’ah, namun tetap sah bila dikerjakan sendiri.

 

Untuk menjawab pertanyaan pertama, maka jawabannya adalah : tetap shalat seperti biasanya shalat Id. Lalu setelahnya diadakan khutbah hari raya. Sang bapak idelanya membacakan khutbah, yang sebenarnya tak usah susah-susah buat sendiri, nyontek saja ke buku.

 

Tata cara khutbah Id pun lebih longgar, sebaiknya dua khutbah sebagaimana ini adalah pendapat jumhur ulama, bisa juga hanya dengan sekali khutbah.

 

 

Sedangkan untuk yang shalat hendak sendiri-sendiri, cobalah terlebih dahulu untuk bisa berjama’ah meski hanya dengan tiga orang. Lalu laksanakan shalat Id secara sempurna sekaligus dengan khutbahnya.

 

Namun jika tidak bisa dan harus mengerjakan sendiri, maka cukup shalat saja, tidak perlu adanya khutbah. Karena khutbah Id hukumnya sunnah, dalilnya adalah sabda Nabi shalallahu’alaihi wassalam :

 

إِنَّا نَخْطُبُ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ فَلْيَجْلِسْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ

Sesungguhnya kami akan berkhutbah, barangsiapa yang ingin tetap duduk untuk mendengarkan maka duduklah dan siapa yang hendak pergi maka pergilah”. (HR. Abu Daud)

Hal ini berbeda dengan khutbah Jum’at yang hukumnya wajib dan menyimaknya pun diwajibkan menurut mayoritas ulama.

Jadi tidak usah berkhutbah jika shalatnya sendiri. Kan lucu, kalau tetap nekad berkhutbah padahal tidak ada jama’ahnya. Jadi ngomong sendiri sambil berapi-berapi.

 

Wallahu a’lam.

 

0 comments

Post a Comment