MENGUSAP KEPALA SAAT WUDHU HANYA BOLEH SEKALI ?

Afwan kiyai mohon tanggapannya atas pernyataan bahwa mengusap kepala saat wudhu itu hanya boleh sekali. Berbeda dengan anggota badan lain yang sunnahnya hingga tiga kali. Mohon penjelasannya.

Jawaban

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Sebelum membahas perbedaannya, satu hal yang harus kita ketahui bahwasanya para ulama madzhab telah sepakat bahwa mengusap kepala saat berwudhu hukumnya adalah wajib karena ia masuk ke dalam rukun wudhu. Disebutkan dalam al Mausu’ah :

لا خلاف بين الفقهاء في أن مسح الرأس مطلقا من فرائض الوضوء

“Tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ahli fiqih bahwa mengusap kepala adalah mutlak termasuk fardhunya wudhu’.”[1]

Dalilnya adalah firman Allah ta’ala dalam surah al Maidah ayat 6 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

 

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.


            Lalu para ulama berbeda pendapat dalam beberapa rinciannya, seperti berapa kadar yang diusap dan berapa kali kesunnahannya.

 

            Menurut Malikiyah dan Hanabilah, yang wajib adalah mengusap seluruh kepala saat berwudhu,[2] sedangkan Kalangan Hanafiyah dalam pendapat yang kuat mengatakan minimalnya adalah seperempat kepala.[3] Adapun Syafi’iyyah berpendapat cukup sebagian kepala meski hanya beberapa helai rambut.[4]

Sedangkan untuk jumlahnya ulama sepakat bahwa sekali itu sudah mencukupi.[5] Mereka lalu berbeda pendapat tentang berapa kali yang seharusnya disunnahkan. Sebagian ulama mengatakan yang sunnah hanya sekali, dan ada yang berpendapat kesunnahannya tetap tiga kali seperti anggota badan lainnya yang dibasuh ketika berwudhu.[6] Mari kita simak penjelasannya.

1.     Membasuh kepala hanya sekali

Kalangan Hanafiyah, Malikiyyah dan juga Hanabilah berpendapat bahwa yang disunnahkan dalam membasuh kepala ketika berwudhu adalah cukup sekali, tidak ada pengulangan.[7]

Berkata al Imam Kasani al Hanafi rahimahullah :

ومنها أن يمسح رأسه مرة واحدة والتثليث مكروه وهذا عندنا

Dan termasuk darinya (rukun berwudhu) yaitu mengusap kepala sekali saja. Mengusap kepala sebanyak tiga kali adalah perbuatan makruh menurut pendapat madzhab kami.” [8]

Berkata al Imam Abdil Barr al Maliki rahimahullah :

ولا فضيلة عند مالك في مسحه ثلاثا كما أنه لا يمسح عنده في التيمم الوجه واليدين

“Tidak ada keutamannya menurut Imam Malik dalam mengusap kepala sebanyak tiga kali sebagaimana mengusap wajah dan tangan...”[9]

Berkata al imam Ibnu Qudamah al Hanbali rahimahullah :

ولا يسن ‌تكرار ‌مسح ‌الرأس في الصحيح من المذهب. وهو قول أبي حنيفة ومالك

“Dan tidak disunnahkan mengulang dalam mengusap kepala menurut pendapat yang shahih dalam madzhab (Hanbali). Dan ini juga pendapat imam Abu Hanfiah dan imam Malik.”[10]

Dalil-dalilnya

Dalil pertama : Hadits  dari  Utsman  bin  Affan  radhiyallahu‘anhu  yang  diriwayatkan  oleh  Imam  Bukhari dan  Muslim,tatkala  mensifati  Wudhu`  Nabi  shallallahu‘alaihi wasallam  yang  menyebutkan bahwa seluruh  anggota  wudhu`  dicuci  tiga  kali,  tiga  kali,  namun  ketika  itu  beliau  (Utsman)  menyebut membasuh kepala, tidak ada lafadz tiga kalinya.

عَنْ  حُمْرَانَ،  مَوْلَى  عُثْمَانَ  بْنِ  عَفَّانَ  أَنَّهُ  رَأَى  عُثْمَانَ  بْنَ  عَفَّانَ  دَعَا  بِوَضُوءٍ،  فَأَفْرَغَ  عَلَى  يَدَيْهِ  مِنْ  إِنَائِهِ،  فَغَسَلَهُمَا  ثَلاَثَ  مَرَّاتٍ،  ثُمَّ  أَدْخَلَ  يَمِينَهُ  فِي  الوَضُوءِ،  ثُمَّ  تَمَضْمَضَ  وَاسْتَنْشَقَ  وَاسْتَنْثَرَ،  ثُمَّ  غَسَلَ  وَجْهَهُ  ثَلاَثًا  وَيَدَيْهِ  إِلَى  المِرْفَقَيْنِ  ثَلاَثًا،  ثُمَّ  مَسَحَ  بِرَأْسِهِ،  ثُمَّ  غَسَلَ  كُلَّ  رِجْلٍ  ثَلاَثًا،

Dari  Humran  mantan  budak  'Utsman  bin  'Affan,  bahwa  ia  melihat  'Utsman  bin  'Affan  minta  untuk  diambilkan  air  wudhu.  Ia  lalu  menuangkan  air  dari  bejana  itu  pada  kedua  tangannya,  lalu  ia  basuh  kedua  tangannya  tersebut  hingga  tiga  kali.  Kemudian  ia  memasukkan  tangan  kanannya  ke  dalam  air  wudhunya,  kemudian  berkumur,  memasukkan  air  ke  dalam  hidung  dan  mengeluarkannya.  Kemudian  membasuh  mukanya  tiga  kali,  membasuh  kedua  lengannya  hingga  siku  tiga  kali,  mengusap  kepalanya  lalu  membasuh  setiap  kakinya  tiga  kali.

Dalil kedua :  Hadits riwayat sayidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu dalam sunan Abu Daud, Tirmidzi, an Nasai, dengan sanad yang sahih.

وَعَنْ عَلِيٍّ – رضي الله عنه – -فِي صِفَةِ وُضُوءِ اَلنَّبِيِّ صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَالَ: – وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ وَاحِدَةً.

Dan Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam mengusap kepalanya dengan sekali usap.”

Dalil ketiga : Hadits Mutafaqqun ‘alaih dari Abdullah bin Zaid radhiyallahu’anhu :

وَمَسَحَ صلى الله عليه وسلم بِرَأْسِهِ, فَأَقْبَلَ بِيَدَيْهِ وَأَدْبَرَ

“Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam mengusap kepalanya dengan kedua tangannya dari depan ke belakang lalu kembali lagi ke depan.”

2.     Membasuh kepala tiga kali

Sedangkan kalangan Syafi’iyyah berpendapat bahwa membasuh kepada tetap disunnahkan sebanyak tiga kali. Berkata al Imam Nawawi rahimahullah :

في تكرار مسح الرأس مذهبنا المشهور الذي نص عليه الشافعي رضي الله عنه في كتبه وقطع به جماهير الأصحاب أنه يستحب مسح الرأس ثلاثا كما يستحب تطهير باقي الأعضاء ثلاثا

“Dan mengulang basuhan ketika mengusap kepala menurut pendapat yang masyur dalam madzhab kami yang mana telah menyatakan hal ini al imam Syafi’i radhiyallahu’anhu dalam kitabnya dan yang ditetapkan oleh mayoritas pengikut (Syafi’iyyah) Bahwa disunnahkan mengusap kepada tiga kali, sebagaimana disunnahkannya anggota badan lainnya yang juga tiga kali.”[11]

Dalilnya - dalilnya :

Dalil  pertama,  berdalil  dengan  hadits  dari  Utsman  bin  Affan  radhiyallahu ‘anhu  yang  diriwayatkan  dari  Imam  Muslim  ia  berkata:

أَنَّ  النَّبِيَّ  ﷺ  تَوَضَّأَ  ثَلَاثًا  ثَلَاثًا

        “Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam ber-Wudhu`  dengan  tiga  kali,  tiga  kali”

Dalil kedua, hadits tentang seorang Arab badui yang bertanya tentang cara wudhu Nabi shalallahu’alaihi wassalam.

فَأَرَاهُ الْوُضُوءَ ثَلاَثًا ثَلاَثًا ثُمَّ قَالَ هَكَذَا الْوُضُوءُ فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا فَقَدْ أَسَاءَ وَتَعَدَّى وَظَلَمَ

Maka beliau ajarkan berwudhu 3 kali-3 kali, kemudian beliau bersabda; “Seperti ini cara wudhu yang benar. Siapa yang melebihi 3 kali maka sungguh jelek, melampaui batas, dan bertindak dzalim.” (HR. Nasai)

Mereka  berkata,  dengan  keumuman  hadits  ini  maka  masuk  juga  di  dalamnya  mengusap  kepala  (diusap  tiga  kali).

Dalil  ketigajuga  hadits  dari  Utsman  radhiyallahu ‘anhu bahwa  beliau  berkata :

أَنَّ  النَّبِيَّ  ﷺ  تَوَضَّأَ  فَمَسَحَ  رَأْسَهُ  ثَلَاثًا

       “Nabi  shallallahu’alaihi wassalam berwudhu`  maka  beliau  mengusap  kepalanya  tiga  (3)  kali.”  (HR.  Bazzar dan  Al-Baihaqiy)

Bantahan dari pendapat pertama

Kalangan pertama membantah pendalilan kalangan kedua dengan mengatakan : Untuk hadits pertama dan kedua , “Nabi berwudhu dengan tiga kali-tiga kali” itu adalah hadits umum, yang kemudian ditakhshis (dibatasi) dengan hadits-hadits yang menyebutkan bahwa untuk kepala hanya diusap sekali.

Dan untuk hadits ketiga, yang menyebutkan secara jelas bahwa kepala diusap tiga kali adalah  hadits  yang  dha’if,  didalam  sanadnya  terdapat  Ishaq  Ibnu  Yahya  ibnu  Thalhah  yang  merupakan  perawi  yang  lemah,  yang  dilemahkan  oleh  Yahya  Bin  Sa’id,  bahkan  Ali  Ibnul  Madini  menganggapnya  sebagai  rawi  yang  matruk  (yang  ditinggalkan  haditsnya),  demikian  pula  Imam  Ahmad  mengatakan  haditsnya  munkar.

Bantahan dari pendapat kedua

Kalangan pemegang pendapat kedua balik membantah dengan mengatakan : Bahwa terdapat banyak nukilan riwayat hadits mengusap kepala tiga kali dan juga ada hadits mengusap kepala satu kali sebagaimana keterangan sebelumnya, maka wajiblah untuk mengkompromikan di antara hadits-hadits tersebut, oleh karenanya disimpulkan :  Usapan sekali itu untuk menjelaskan kebolehan, sedangkan usapan tiga kali untuk kesempunaan dan keutamaan. Karena Nabi shalallahu’alaihi wassalam terkadang juga membasuh anggota wudhu hanya dengan sekali basuh. Seperti hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma,  berikut ini :

تَوَضَّأَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – مَرَّةً مَرَّةً

Nabi shallallahu‘alaihi wasallam berwudhu sekali, sekali.” (HR. Bukhari)

Kesimpulan

            Masalah ini adalah khilafiyah. Boleh mengusap sebagian kepala dan meniga kalikan usapan dan itu sunnah menurut sebagian ulama, sedangkan menurut mayoritas ulama yang sunnah adalah sekali dengan meratakan sapuan ke seluruh bagian kepala.

Wallahu a’lam.

 


[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (37/255)

[2] Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid (1/27), Hasyiah ad Dusuqi (1/88), Kasyful Qina’ (1/98).

[3] Fath al Qadir (1/15), Hasyiah Ibnu Abidin (1/67).

[4] Majmu’ Syarh al Muhadzdzab (1/431), Mugni al Muhtaj (1/53).

[5] Al Muhalla bil Atsar (1/295).

[6] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (1/372).

[7] Darr al Mukhtar (1/69), Taj wal Iklil (1/261), Kasyaful Qina’ (1/100).

[8] Bada’i ash Shana’i (1/22).

[9] Al Kafi fi Fiqhi Ahlil Madinah, hal 21.

[10] Al Mughni (1/94).

[11] Majmu’ Syarh al Muhadzdzab (1/462).

 

0 comments

Post a Comment