DO’A UNTUK YANG MEMBERI MAKAN BERBUKA

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Agama yang luhur ini memberikan tuntunan agar kaum muslimin menjadi pribadi yang bersyukur atas karunia apapun berupa kebaikan yang ia dapatkan. Dan diantara bentuk Syukur kepada Allah, adalah hendaknya seseorang itu pandai berterimakasih kepada sesama manusia yang telah berbuat baik kepadanya. Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam bersabda :

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada manusia.” (HR. Abu Daud )

Al Khatabi rahimahullah ketika menjelaskan hadits di atas berkata : “Maksudnya adalah bahwa Allah ta’ala tidak menerima syukurnya seorang hamba atas karunia yang telah diberikanNya, jika seorang hamba tidak bersyukur kepada kebaikan orang lain atau ingkar terhadap kebaikan mereka (yang menjadi jalan sampainya karunia tersebut).”[1] 

Diantara bentuk terimakasih kepada sesama adalah dengan membalas dengan doa kebaikan ketika menerima pemberian atau saat mendapatkan uluran pertolongan dari mereka. Sebuah hadits menyatakan :

وَمَنْ أَتَى إِلَيْكُمْ مَعْرُوْفاً فَكَافِئُوْهُ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوْا فاَدْعُوْا لَهُ.” أَخْرَجَهُ الْبَيْهَقِيُّ

“Dan barangsiapa berbuat baik kepada kalian maka balaslah (kebaikan tersebut). Jika kalian tidak sanggup utnuk membalas kebaikannya, maka doakanlah dia.” (HR. Baihaqi)

Dalam hadits lain :

فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَعْلَمُوا أَنْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

“Berdoalah sampai kalian tahu bahwa kalian sudah bisa setimpal dalam membalas kebaikannya.” (HR. Abu Daud)

Berikut ini adalah beberapa pilihan do’a yang kita baca ketika mendapatkan kebaikan berupa makanan terkhusus apa bila makanan itu yang digunakan untuk berbuka puasa dalam kondisi seperti sekarang ini.

Doa pertama

 

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

 

Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minuman orang yang memberi aku minum.“ (HR. Muslim, No. 2055)

Do’a yang kedua

اللَّهُمَّ بَارِك لَهُم فِيمَا رَزَقْـــتَهُم وَاغْفِرْ لَهُم وَارحَمْهُم

 

Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka dan berikanlah rahmat kepada mereka.” (HR. Muslim)

Do’a yang ketiga

أَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ ، وَصَلَّتْ عَلَيكُمُ الْمَلاَئِكَةُ الأَخْيارُ ، وأفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ

 

Semoga yang memakan makananmu adalah orang-orang yang baik, dan semoga para malaikat yang mulia bershalawat kepada engkau, dan semoga yang berbuka di sisi engkau adalah orang-orang yang berpuasa.” (HR. Ahmad)

Do’a yang keempat

 

أفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وأكَلَ طَعَامَكُمُ الأبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ المَلَائِكَةُ

Do’a yang kelima

اللَّهُمَّ جَمِّلْهُ

“Ya Allah, berilah ia keindahan.”

Do’a kelima

Atau bisa juga menggunakan do’a yang biasa digunakan ketika menerima kebaikan apapun dari saudara muslim dengan mengucapkan : Jazakumullah khairan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits :

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang diperlakukan dengan sebuah kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya : “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” (HR. Tirmidzi )


Dari kelima jenis do’a di atas, manakah yang antum gunakan ketike menerima takjil berbuka puasa ?


[1] Ma’alim as Sunan (4/113)

0 comments

Post a Comment