DOA AKHIR RAMADHAN DARI SYI’AH

Dikatakan : Rasulullah shalllahhu’alaihi wassalam berdoa di akhir Ramadhan,

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.”

Lalu diberi keterangan :

فإنه مَن قال ذلك ظفِر بإحدى الحُسنيين، إمَّا ببلوغ شهر رمضان، وإمَّا بغفران الله ورحمته

Maka barangsiapa yang membaca doa ini ia akan mendapatkan dua kebaikan, yaitu bisa mendapatkan bulan ramadhan tahun berikutnya maupun mendapatkan kan ampunan dari Allah dan Rahmat Nya.

Keterangan :

Kami telah melacak ke semua sumber yang mungkin untuk di akses, dan hasilnya tidak ada satupun kitab para ulama baik itu kitab fiqih, sejarah, tafsir, tasawuf, apalagi hadits yang mencantumkan lafadz “hadits” di atas.

Ternyata setelah penelusuran lebih jauh, doa ini berasal dari kitab-kitab Syiah.  Diantaranya terdapat dalam kitab mereka yang banyak sekali berisi kisah dan riwayat dusta atas nama Nabi,yakni Biharul Anwar karya pentolan Syiah yang bernama al Majlisi.

Riwayat ini dimuat di kitab tersebut pada Juz 98 pada halaman 172.[1] Sebelumnya ia juga dinukil dan tersebar lewat tulisan tokoh Syiah lainnya yang bernama Shoduq dengan bukunya yang berjudul “Fadhail Asyhar ats Tsalatsah.”

Kesimpulannya riwayat doa ini adalah dusta atas nama Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam. Maka, hendaknya kita berhari-hati dari menerima informasi yang berkaitan dengan ilmu dan amalan agama yang bersumber dari internet. Cukuplah kitab-kitab karya ulama yang telah diakui keilmuannya seperti al Adzkar karya imam Nawawi dan lainnya sebagai rujukan dalam mengamalkan do’a -doa keseharian dan waktu tertentu.

 

Wallahu a’lam.


[1] Redaksinya dalam Biharul Anwar :

روي عن جابر بن عبدالله الأنصاري رضي الله عنهما قال: دخلتُ على رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم: في آخر جمعة من شهر رمضان، فلما بَصُر بي قال لي: يا جابر، هذه آخر جمعة من شهر رمضان فودِّعه، وقل: اللهم لا تجعله آخر العهد من صيامنا إياه، فإن جعلتَه فاجعلني مرحومًا، ولا تجعلني محرومًا ؛ فإنه مَن قال ذلك ظفِر بإحدى الحُسنيين، إمَّا ببلوغ شهر رمضان، وإمَّا بغفران الله ورحمته.

0 comments

Post a Comment