BERQURBAN DENGAN HEWAN BETINA

Afwan kiyai bolehkah berqurban dengan hewan betina ?

Jawaban

 Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Ulama empat madzhab bersepakat bahwa hewan dengan jenis kelamin betina sah dan boleh untuk dijadikan sebagai sembelihan seperti qurban dan aqiqah.

Madzhab Hanafiyah

Ibnu Najim al Msihri rahimahullah berkata :

جنس واحده ... ذكرا كان أو ‌أنثى

“Hewan Qurban adalah dari jenis yang sama... baik jantan ataupun betina.”[1]

Madzhab Malikiyah

At Tata’i al Maliki rahimahulla berkata :

 

قاله ابن حبيب، وكلامه محتمل تساويهما ... ذكرًا أو ‌أنثى فحلًا أو خصيًا

 “Dan pendapat Ibnu Habib dari ucapannya mengandung penyamaan antara keduanya jantan atau betina atau antara yang dikebiri dengan yag tidak.“[2]

Madzhab Syafi’iyah

Al imam Nawawi rahimahullah berkata :

فشرط المجزئ في الأضحية أن يكون من الأنعام, وسواء الذكر والأنثى من جميع ذلك , ولا خلاف في شيء من هذا عندنا

 

“Dan syarat diperbolehkannya qurban adalah dari jenis hewan ternak. Sama saja dari jenis jantan atau betina. Dan tidak ada sedikitpun perbedaan pendapat dalam madzhab kami dalam hal ini.”[3]

Madzhab Hanabiah

Al Imam Mardawi rahimahullah berkata :

الأسمن والأنفع من ذلك كله أفضل، ذكرا كان أو ‌أنثى فإن استويا فقد استويا في الفضل

 “Yang gemuk dan lebih bermanfaat dari itu semua (hewan) adalah yang lebih utama untuk dijadikan qurban. Baik keadaannya jantan atau betina. Jika antara keduanya sama, maka keduanya sama-sama afdhal.”[4]

Dalilnya

Dalil kebolehan menyembelih hewan qurban betina adalah karena memang penyebutannya dalam dalil-dalil baik dalam al Qur'an maupun al Hadits, tidak ada yang mengkhususkan perintah untuk menyembelih hewan jantan, seperti sabda Nabi shalallahu’alaihi wassalam :

لَا تَذْبَحُوا إلَّا مُسِنَّةً إلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنْ الضَّأْنِ

 "Janganlah kalian menyembelih melainkan telah masuk umur musinnah, namun jika kalian sulit mendapatkannya maka berkurbanlah dengan Jadza’ dari jenis domba.” (HR Muslim)

Sedangkan dalam kaidah usul fiqh ditetapkan:

وإذا ورد في نص شرعي لفظ ‌عام ‌ولم ‌يقم دليل على تخصيصه وجب ‌حمله ‌على ‌عمومه

 “Apabila disebutkan di dalam nas Syariat lafadz yang bersifat umum dan tidak ada dalil yang mengkhususkannya, maka wajib untuk menghukumi sebagaimana keumumannya.” [5]

Apakah ada keutamaan jantan dari betina ?

Menurut pendapat jumhur tidak ada keutamaan hewan jantan dari betina jika keadaannya sama dari sisi besar dan harganya. Berkata Syaikh Wahbah Zuhaili rahimahullah :

والذكر والأنثى في الهدي سواء، لأن الله تعالى قال: {والبدنَ جعلناها لكم من شعائر الله} ولم يذكر ذكراً ولا ‌أنثى

“Jantan dan betina dalam urusan sembelihan adalah sama, hal ini karena Allah ta’ala berfirman ‘Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syi'ar Allah ‘ dan dalam ayat tidak disebutkan jantan atau betina.”[6]

Sedangkan dalam pendapat yang masyhur dari kalangan madzhab Syafi’iyyah disebutkan bahwa berqurban dengan hewan jantan lebih afdhal dari yang betina.[7]

Wallahu a’lam


[1] Durarul Hukam (1/176), Bahrur Raqaiq (2/231)

[2] Jawahir ad Durar (3/435)

[3] Majmu’ Syarh al Muhadzdzab (8/364)

[4] Al Inshaf (4/74)

[5] Ulumul Ushul al Fiqh (1/196)

[6] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (3/2357)

[7] Al Mausu’ah al Fiqihiyyah al Kuwaitiyyah (7/95)

0 comments

Post a Comment