๐—›๐—จ๐—ž๐—จ๐—  ๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—ž๐—”๐—™๐—œ๐—ฅ ๐— ๐—”๐—ฆ๐—จ๐—ž ๐— ๐—”๐—ฆ๐—๐—œ๐——

 ๐˜ˆfwan kiyai, a๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ง๐˜ช๐˜ณ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ?

๐—๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป

๐˜–๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ : ๐˜ˆ๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜š๐˜บ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜›๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฒ

Para ulama berbeda pendapat tentang hukum orang kafir masuk ke dalam masjid, sebagian membolehkan secara mutlak, sebagian lagi membolehkan dengan catatan, sedangkan sebagiannya lagi dengan tegas melarang orang kafir masuk masjid manapun.[1]

๐Ÿญ. ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฒ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐˜‚๐˜๐—น๐—ฎ๐—ธ

Sebagian ulama yakni dari kalangan mazhab Malikiyyah dan sebagian Hanabilah berpendapat bahwa mutlak diharamkan bagi orang-orang kafir masuk ke dalam rumahnya Allah ta’ala, baik itu masjid-masjid yang ada di luar tanah haram lebih-lebih masjidil Haram dan Nabawi.[2]

Ash Shawi menyatakan :

ูŠู…ู†ุน ‌ุฏุฎูˆู„ ‌ุงู„ูƒุงูุฑ ‌ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุฃูŠุถุง ูˆุฅู† ุฃุฐู† ู„ู‡ ู…ุณู„ู… ุฅู„ุง ู„ุถุฑูˆุฑุฉ ุนู…ู„

 “๐˜–๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ง๐˜ช๐˜ณ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ช๐˜ป๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ค๐˜ถ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ต๐˜ช๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ด๐˜ช๐˜ง๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ต..”[3]

Disebutkan pula dalam Mawahib al Jalil :

ุงู„ู…ุฐู‡ุจ ุนู†ุฏู†ุง ู…ู†ุน ุงู„ูƒุงูุฑ ู…ู† ุฏุฎูˆู„ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู…ุทู„ู‚ุง ู†ู‚ุฏ ุซุจุช ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅู†ูŠ ู„ุง ุฃุญู„ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู„ุญุงุฆุถ ูˆู„ุง ุฌู†ุจ ูู„ุฃู† ูŠู…ู†ุน ุงู„ูƒุงูุฑ ู…ู† ุฏุฎูˆู„ู‡ ุฃูˆู„ู‰

 

“Dalam madzhab kami (Maliki) dilarang orang kafir masuk ke dalam masjid secara mutlak… telah kuat adanya dalil dari Nabi shalallahu’alaihi wassalam ‘ Aku tidak halalkan masjid untuk wanita haidh dan yang sedang junub’, dan tentu larangan kepada orang kafir untuk masuk masjid lebih kuat.”[4]

Diantara dalil yang digunakan oleh pendapat ini adalah firman Allah ta’ala :

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْู…ُุดْุฑِูƒُูˆู†َ ู†َุฌَุณٌ ูَู„َุง ูŠَู‚ْุฑَุจُูˆุง ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏَ ุงู„ْุญَุฑَุงู…َ ุจَุนْุฏَ ุนَุงู…ِู‡ِู…ْ ู‡َุฐَุง

 “๐˜ž๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ! ๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜บ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด, ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ ๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช.” (QS. at-Taubah: 28)

Dalil lainnya adalah sebuah atsar dari sebagian sahabat sebagaimana yang disebutkan oleh ibnu Qudamah, di mana Abu Musa al Asy’ari pernah menemui khalifah Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan membawa sebuah surat.

ู‚ู„ ู„ูƒุงุชุจูƒ ูŠุฌูŠุก، ููŠู‚ุฑุฃ ูƒุชุงุจู‡. ู‚ุงู„: ‌ุฅู†ู‡ ‌ู„ุง ‌ูŠุฏุฎู„ ‌ุงู„ู…ุณุฌุฏ. ‌ู‚ุงู„: ‌ูˆู„ู…؟ ู‚ุงู„: ุฅู†ู‡ ู†ุตุฑุงู†ูŠ

Sayidina ๐˜œ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ˆ๐˜ฃ๐˜ถ ๐˜”๐˜ถ๐˜ด๐˜ข, “๐˜—๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ช๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ด๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข, ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.” ๐˜ˆ๐˜ฃ๐˜ถ ๐˜”๐˜ถ๐˜ด๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ธ๐˜ข๐˜ฃ, “๐˜‹๐˜ช๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ.” ๐˜œ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข, “๐˜”๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข?” ๐˜ˆ๐˜ฃ๐˜ถ ๐˜”๐˜ถ๐˜ด๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ธ๐˜ข๐˜ฃ, “๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜•๐˜ข๐˜ด๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช”.[5]

Demikian juga sayidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan ketika beliau sedang berkhutbah di atas mimbar tiba-tiba melihatnya orang majusi masuk masjid. Kemudian beliau turun, dan memukulnya serta menyuruhnya keluar.[6]

Dalil berikutnya adalah perilaku penduduk Madinah sebagaimana yang disebutkan oleh al Qurthubi. Juga di masa kekhalifahan Umar bin ‘Abdul ‘Aziz beliau menulis surat untuk para pejabat di daerah : “๐˜‹๐˜ช ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ-๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ (๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ) ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ, ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ป๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜จ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ต ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข-๐˜•๐˜บ๐˜ข.” (QS. an-Nur : 36)

Maka masuknya orang kafir ke dalam masjid bertentangan dengan upaya mengagungkan rumah Allah. Dalam shahih Muslim dan lain-lain juga dinyatakan, “๐˜‰๐˜ข๐˜ฉ๐˜ธ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ-๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ..” Padahal orang kafir tidak terhindar dari semuanya itu.

Baginda Nabi juga bersabda, “๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฃ.” Orang kafir itu masuk dalam kategori junub, padahal Allah berfirman, “๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜บ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด.”

Allah ta’ala menyebut mereka najis, apakah dzatnya yang najis ataukah dijauhkan dari jalan hukum Allah ? Mana saja dari keduanya, hukum menjauhkan mereka dari masjid tetap wajib, karena ‘illat-nya adalah najis, dan faktanya ada pada diri mereka, sementara kesucian itu ada di masjid.[7]

๐Ÿฎ. ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ผ๐—น๐—ฒ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐˜‚๐˜๐—น๐—ฎ๐—ธ

Kalangan Mazhab al Hanafiyyah membolehkan secara mutlak orang kafir masuk masjid manapun. Baik itu masjid di luar tanah haram ataukah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.[8]

Dalil pendapat ini didasarkan kepada adanya riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah ๏ทบ sendiri menerima para utusan dari Bani Tsaqif di dalam masjid. Padahal para utusan jelas-jelas orang kafir dan bukan muslim.

Dalil lainnya adalah hadits yang berbunyi :

ุฅِู†َّู‡ُ ู„َูŠْุณَ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฃْุฑْุถِ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْุฌَุงุณِ ุงู„ู†َّุงุณِ ุดَูŠْุกٌ ุฅِู†َّู…َุง ุฃَู†ْุฌَุงุณُ ุงู„ู†َّุงุณِ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ْูُุณِู‡ِู…ْ

 ๐˜›๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ด ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช." (HR. Bukhari dalam Syarah Ma’ani Al-Atsar)

Adapun mengenai ayat :

ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْู…ُุดْุฑِูƒُูˆู†َ ู†َุฌَุณٌ

๐˜š๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜บ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด.” (QS. At Taubah : 28)

Kalangan ini menyatakan bahwa maksudnya adalah najis secara keyakinan. Berkata al imam Kasani al Hanafi :  

ูˆุนู†ุฏู†ุง ู‡ูˆ ู…ุญู…ูˆู„ ุนู„ู‰ ู†ุฌุงุณุฉ ุฎุจุซ ุงู„ุงุนุชู‚ุงุฏ

Dan menurut madzhab kami, ini mengandung pengertian Najis berupa kotornya Aqidah.”[9]

Demikian juga dikatakan “Jika mereka masuk dengan rasa sombong, untuk menguasai atau telanjang (tidak menutup aurat), sebagaimana tradisi mereka pada zaman Jahiliyah. Jika tidak, maka tidak ada larangan.”[10]

๐Ÿฏ. ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ผ๐—น๐—ฒ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฐ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป/๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ฐ๐˜‚๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—ฎ๐—ป

Kalangan Mazhab Syafi’iyyah dan sebagian Hanabilah berpendapat bahwa bahwa orang kafir diharamkan secara mutlak untuk masuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, namun dibolehkan di masjid selain keduanya bila diizinkan oleh kaum muslimin setempat.

Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata :

ูˆู„ุง ุจุฃุณ ุฃู† ูŠุจูŠุช ุงู„ู…ุดุฑูƒ ููŠ ูƒู„ ู…ุณุฌุฏ ุฅู„ุง ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ูุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ูŠู‚ูˆู„ ‌ุฅู†ู…ุง ‌ุงู„ู…ุดุฑูƒูˆู† ‌ู†ุฌุณ ‌ูู„ุง ‌ูŠู‚ุฑุจูˆุง ‌ุงู„ู…ุณุฌุฏ ‌ุงู„ุญุฑุงู… ‌ุจุนุฏ ‌ุนุงู…ู‡ู… ‌ู‡ุฐุง

 “๐˜›๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข-๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜บ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ  ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ค๐˜ถ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ง๐˜ช๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ : “๐˜๐˜ข๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด๐˜บ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ซ๐˜ช๐˜ด, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ช ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ ๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช" (QS. at-Taubah : 28).”[11]

Berkata imam Nawawi rahimahullah :

ุฃู…ุง ุงู„ูƒุงูุฑ ูู„ุง ูŠู…ูƒู† ู…ู† ุฏุฎูˆู„ ุญุฑู… ู…ูƒุฉ ุจุญุงู„، ุณูˆุงุก ู…ุณุงุฌุฏู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ุง. ูˆู„ู‡ ุฏุฎูˆู„ ู…ุณุงุฌุฏ ุบูŠุฑ ุงู„ุญุฑู… ุจุฅุฐู† ู…ุณู„ู…. ูˆู„ูŠุณ ู„ู‡ ุฏุฎูˆู„ู‡ุง ุจุบูŠุฑ ุฅุฐู† ุนู„ู‰ ุงู„ุตุญูŠุญ

๐˜–๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ง๐˜ช๐˜ณ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ช ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ ๐˜๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜”๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ, ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜ซ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข. ๐˜•๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฏ, ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ง๐˜ช๐˜ณ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ-๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ซ๐˜ช๐˜ฅ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ป๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ช๐˜ป๐˜ช๐˜ฏ menurut pendapat yang kuat.”[12]

Berkata Abu Bakar bin Zaid al Hanbali :

ุฌูˆุงุฒ ‌ุฏุฎูˆู„ ‌ุงู„ูƒุงูุฑ ู…ุณุงุฌุฏ ุงู„ุญِู„ِّ ุจุฅุฐู† ู…ุณู„ู… ู„ู…ุตู„ุญุฉ

 “Bolehnya orang kafir masuk masjid selain masjidil haram dengan izin kaum muslimin jika ada maslahah.”[13]

Kelompok pendapat ketiga ini mengkompromikan antara dalil-dalil yang digunakan oleh kalangan yang melarang dan yang membolehkan orang kafir masuk ke dalam masjid. 

 

Wallahu a’lam.


[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah (20/245), al Fiqh al Islaami wa Adillatuhu (1/482).

[2] Al Ikhtiyar (4/166), Ibn Abidin (1/115), al Jawahirul Iklil (1/23).

[3] Hasyiyah as Shawi ‘ala as Syarh ash Shaghir (1/160).

[4] Mawahib al Jalil (1/87)

[5] Al Mughni (13/202)

[6] Mathalib Uli an Nuha (2/617).

[7] Tafsir al Qurthubi (8/103).

[8] Ar Raudhatut Thalibin (1/296).

[9] Badai’ ash Shana’I (1/64)

[10] Radd al Mukhtar ‘ala Durr al Mukhtar (6/691).

[11] Al Umm (1/71).

[12] Raudlatuth Thalibin (1/296).

[13] Tuhfatur Raki’ wa sajid bi Ahkamil masajid hal. 343

0 comments

Post a Comment